generasi millennial

Apa dan Siapa Generasi Millennial?

Sebagian dari generasi millennial saat ini sudah memimpin banyak karyawan dan sebagian lagi sudah menduduki posisi-posisi srategis perekonomian. Sebelum jauh menggali potensiĀ  generasi millennial ada baiknya kita kenali dulu apa itu generasi millennial. Generasi millennial adalah generasi yang dalam kehidupannya dipengaruhi keadaan lingkungan yang perubahannya sangat cepat. Generasi ini masih merasakan yang namanya manual dan instan. Generasi ini merasakan dua masa yang dirasakan oleh generasi X dan generasi Z.

Ibarat tanaman generasi ini adalah generasi persilangan yang akan menghasilkan varietas baru. Ya, generasi millennial adalah generasi yang tidak dapat lepas dari internet seperti halnya generasi Z namun mereka juga masih menggunakan cara manual seperti halnya yang di lakukan generasi X.

Hal-hal itu yang mempengaruhi generasi millennial atau yang juga disebut generasi Y untuk menjadi pemimpin. Generasi ini memilki keunggulan berada di dua generasi yang sangat berseberangan membuat para generasi ini memilki sifat yang dominan.

Kelebihan dan Kelemahan Generasi Millenial

Kelebihan dari generasi millennial ini adalah mampu menciptaan produk baru dari hasil persilangan produ tradisional dan modern. Sebagai contoh kecil yaitu transaksi tradisional yang terjadi di pasar adalah tawar menawar dan era modern belanja dengan menggunakan internet. Sehingga terjadi tawar-menawar belanja di internet.

Generasi millennial lebih terbuka menerima masukan dan mengolahnya untuk dijadikan riset baru dan mereka lebih memilih bekerja dengan gaya yang sedikit berbeda dari gaya pekerja generasi sebelumnya maupun generasi berikutnya. Generasi millennial lebih memilih bekerja pada perusahan atau pengusaha yang menetapkan peraturan kerja tetapi tidak terlalu mengikat jam kerja.

Generasi ini memiliki pola pikir yang bebas sehingga mereka juga dapat bekerja dibeberapa tempat sekaligus dalam satu waktu. Pekerjaan mereka tetap kondusif dan menghasilkan karya yang optimal Karena mereka dapat menjadikan waktu sebagai senjata yang fleksibel.

Generasi millennial adalah generasi yang dituntut untukĀ  menguasai beberapa keahlian sekaigus dalam sebuah pekerjaan sehingga membuat mereka terbiasa melakukan pekerjaan yang jauh berbeda dari apa yang mereka pelajari selama di pendidikan.

Kelemahan dari generasi ini adalah mereka memiliki sifat yang lebih labil dari generasi sebelumnya, lebih objektif dan keras kepala.

Setelah sedikit kita mengetahui kelebihan dan kekurangan dari generasi ini kita dapat rasakan apa yang terjadi pada lingkungan kita. Saat ini orang tua sudah banyak yang pensiun dan mereka digantikan oleh generasi ini. Pola pikir yang tebuka membuat generasi millennial ini berpikir instan namun tetap memperhitungkan perkembangannya. Sebagai contoh, beberapa tahun ini banyak orang yang sadar akan pentingnya asuransi yang ternyata setelah diselidiki banyak dari mereka berasal dari generasi milenial. Mengapa?? Karena mereka berpikir ke depan dan menoleh kebelakang akan pentingnya asuransi kesehatan untuk kebutuhan yang tidak terduga.

Banyaknya para pengusaha yang mengolah kembali masakan tradisional menjadi makanan modern. Alat-alat tradisional menjadi modern tanpa mengurangi rasa dan fungsinya. Pada generasi ini adalah generasi yang suka bereksperimen untuk menghasilkan produk yang lebih modern.

Berbeda pada generasi sebelumnya yang terpokus pada hasil yang baik dan generasi terbaru sesudah generasi millenial yang terfokus pada hal-hal baru.

Sedikit mengenal generasi baru yang akan menjadi generasi paling kritis pada zamannya yang sebagian sumber menyebutnya dengan generasi Alfa. Generasi ini lahir setelah generasi Z

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?