asuransi pertanian

Apa itu Asuransi Pertanian ?

Melemahnya pertanian Indonesia disebabkan adanya pemikiran kolosal bahwa petani adalah orang miskin sehingga menyebabkan pemuda-pemudi enggan untuk memilih petani sebagai profesinya. Namun jika kita pikir secara jauh dan dalam sektor pertanian merupakan sektor terpenting karena semua manusia butuh makan.

Coba kita ingat tentang kebutuhan kita yang berkaitan dengan pertanian. Tentu banyak sekali sehingga sangat sulit kita terlepas  dari mengkonsumsi produk pertanian. Namun bagaimana jika profesi petani dianggap sebagai profesi yang tidak menguntungkan dan orang tua cenderung menuntun anaknya menjadi PNS, karyawan swasta, ataupun wirausaha?

Asuransi pertanian muncul sebagai salah satu solusi untuk membuktikan bawasannya pertanian merupakan sektor usaha yang menjanjikan keuntungannya. Tentu dengan diimbangi dengan ilmu dan kemajuan teknologi yang terus berkembang saat ini.

Dengan adanya asuransi pertanian membuktikan bahwa asuransi merupakan pengelolaan keuangan yang sudah dekat dengan masyarakat. Pemegang polis asuransi tidak hanya untuk masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas tetapi juga merambah pada masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah.

Petani pada khususnya sakarang tidak perlu was-was lagi dengan ancaman gagal panen yang disebabkan oleh apapun seperti halnya terserang hama dan penyakit maupun bencana alam seperti kekeringan dan banjir.

Asuransi pertanian diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian No.40 tahun 2015. Pemerintah memberikan subsidi pembayaran premi menggunakan dana APBN. Hal ini dimaksudkan agar pertanian Indonesia akan menjadi lebih baik dan dapat menjadi lumbung padi khususnya bagi negara sendiri.

Sawah yang dapat diasuransikan diantaranya sawah berpengairan teknis, semiteknis dan sederhana. Masih bnayak sawah-sawah di Indonesia yang masih menjadi sawah tidur karena pada saat gagal panen petani tidak memiliki modal yang cukup lagi untuk menanam sehingga mereka beralih profesi menjadi buruh.

Semoga dengan adanya asuransi ini dapat menjadikan kinerja petani optimal dan peran PPL didaerah dapat optimal sehingga menghasilkan pertanian Indonesia mandiri dan sejahtera, karena negara Indonesia adalah negara agraris

Selamat bertugas PPL di seluruh Indonesia, Salam sukses petani Indonesia, Semangat berkarya.

COMMENTS (1)
Reply

Cara mendapatkan asuransi pertanian

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?