asuransi kesehatan menabung

Asuransi Kesehatan Dibandingkan dengan Menabung di Bank

Beberapa orang berpikiran kalau asuransi kesehatan itu tidak lebih dari sekedar konsep yang menipu orang, karena pada dasarnya kita membayar premi dengan jumlah yang cukup banyak dan jangka waktu yang cukup panjang kepada pihak perusahaan asuransi. Kemudian kalau kita tidak menderita penyakit apapun dan tidak membutuhkan bantuan untuk pembayaran biaya rumah sakit, premi asuransi yang sudah kita bayarkan tetap tidak kembali dan kita malah rugi. Daripada seperti itu, banyak orang berpikiran bahwa lebih baik mereka menyimpan uangnya di bank, karena lebih fleksibel dan berbunga. Mereka berpikir pada dasarnya sama saja diantara menabung di bank dan asuransi. Kenyataannya tidak seperti itu.

Perbedaan antara Membeli Asuransi Kesehatan dan Menabung di Bank

Pada dasarnya memang mungkin terlihat mirip antara menabung di bank dan membeli asuransi kesehatan, tetapi kalau diperhatikan dan diteliti dengan lebih seksama, kedua hal tersebut merupakan hal yang sangat berbeda dan memberikan keuntungan yang berbeda juga. Secara lebih detilnya adalah sebagai berikut:

  • Periode

Ketika Anda menabung di bank, maka Anda menabung untuk jangka waktu pendek, kecuali kalau tabungan Anda berbentuk deposito tentunya. Uang di bank dengan mudah keluar masuk, dan jumlahnya pun tidak menentu. Kalau di asuransi, uang yang Anda tabung akan semakin lama semakin bertambah dan untuk periode waktu jangka panjang.

  • Jumlah Uang

Kalaupun berbunga, uang yang Anda tabung di bank biasanya tidak akan bertambah secara signifikan, karena bunganya hanya beberapa persen kecil saja. Sebaliknya kalau dengan asuransi, walaupun mungkin pembayaran harus rutin dan dalam jumlah yang tetap, suatu saat nanti kalau Anda sakit, biaya yang dibayarkan oleh pihak asuransi bisa jauh melebihi premi asuransi yang sudah Anda kumpulkan.

  • Fleksibilitas

Menabung di bank memang lebih fleksibel karena bisa diambil sewaktu-waktu kalau diperlukan. Kalau untuk asuransi, uang yang sudah Anda masukkan tidak dapat diambil kembali semudah itu, tetapi akan diberikan kembali kepada Anda dalam jumlah berlipat Anda ketika Anda membutuhkan di masa depan.

Demikianlah perbedaan mendasar antara menabung di bank dengan menggunakan asuransi kesehatan. Masing-masing memang berbeda dan memiliki kelebihan serta kekurangan sendiri, tetapi kalau untuk investasi masa depan, asuransi kesehatan lebih unggul.

COMMENTS (1)
Reply

Berarti sebenarnya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi kita bisa mengambil mana yang sesuai dengan kebutuhan, makasih informasinya bermanfaat sekali

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?