asuransi kesehatan murni

Asuransi Kesehatan Murni atau Dengan Unit Link?

Saat kita ingin memilih asuransi seakan kita akan menentukan jodoh karena kita banyak pertimbangan ini dan itu untuk asuransi kita, terutama asuransi kesehatan. Memilih asuransi kesehatan yang terbaik dan murah merupakan hal yang cukup sulit sebab kita harus banyak referensi dan testimoni dari berbagai sumber.

Kadang saat kita mendapati asuransi yang murah namun persyaratan klaim yang ribet membuat kita mundur atau sebaliknya klaim mudah tetapi premi tinggi. Hal yang paling tepat dalam memilih asuransi bukanlah dari harga preminya namun keseimbangan dari apa yang di dapat dan apa yang dikeluarkan.

Seperti halnya asuransi kesehatan dan asuransi unit link manakah yang lebih bagus dari keduanya? Sebelumnya kita perlu tahu apa itu asuransi unit link? Asuransi unit link adalah jenis asuransi modern yang menawarkan investasi di dalamnya, serta memiliki kelebihan premi yang tidak hangus. Sedangkan asuransi kesehatan murni memiliki sistem premi yang akan hangus jika tidak ada klaim selama masa polis.

Saat ditanya mana yang lebih bagus dari keduanya maka jawabannya dari dua segi yaitu segi kebutuhan dan segi finansial, mari kita bahas perbedaannya.

Kelebihan dan kekurangan asuransi kesehatan murni

  1. Kelebihan asuransi kesehatan murni
    1. Memiliki jangka waktu lebih pendek dalam satu periode sehingga kita dapat menentukan mau lanjut atau tidak pada saat periode berikutnya
    2. Pembayaran premi bulanan dan lebih murah
    3. cover kesehatan lebih lengkap dan biaya tanggungan lebih besar
    4. premi dapat di sesuaikan dengan kebutuhan
  2. kekurangan asuransi murni
    • premi asuransi akan hangus jika tidak ada klaim
    • cover asuransi hanya fokus pada kesehatan saja tanpa investasi

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Unit Link

  1. kelebihan asuransi unit link
    1. premi yang dibayarkan tidak hangus
    2. berlaku seumur hidup ( tergantung dari perusahaan asuransi untuk batas umur)
    3. dapat berinvestasi tanpa bayar investasi karena cukup bayar premi asuransi
    4. menawarkan rider atau asuransi tambahan sehingga tidak perlu mencari asuransi pelengkap
  2. kekurangan asuransi unit link
    1. tidak dapat optimal karena terpecah pada asuransi dan investasi
    2. jangka waktu lama/ seumur hidup sehingga kalau sudah menentukan unit link tidak dapat berubah
    3. terdapat syarat untuk mendapatkan pengembalian premi yaitu jika tidak ada klaim dalam beberapa tahun atau ada perusahaan asuransi yang jika dalam 10 tahun tidak ada klaim maka dana akan di kembalikan 100%
    4. tidak ada jaminan keuntungan dalam investasi
    5. nilai proteksi lebih kecil daripada asuransi murni

Dalam setiap produk asuransi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun tentu sebagai pengguna kitalah yang tahu kebutuhan kita. Mana yang lebih baik asuransi kesehatan murni atau unit link bisa kita simpulkan berdasarkan kemampuan dan kebutuhan kita.

Kalau kita menginginkan perlindungan finansial tentu asuransi unit link lebih baik karena ada jaminan pengembalian dana 100% namun jika  kita fokus pada kesehatan tentu asuransi kesehatan murni lebih baik karena nilai proteksi yang lebih tinggi.

Apa pun yang kita pilih tentu harus mempertimbangkan kebutuhan kita, mencari referensi dan testimoni dari berbagai sumber sangat di sarankan. Asuransi kesehatan merupakan asuransi pokok yang harus dimiliki karena kesehatan harganya sama dengan emas yang setiap tahunnya akan semakin mahal.

Selain mengasuransikan diri tentu kita juga harus menjaga kesehatan karena sebanyak apa pun dana yang miliki jika tidak sehat tidak ada artinya.

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?