memilih asuransi perusahaan

Kenapa Memilih Asuransi Perusahaan?

Apa Itu Asuransi Perusahaan

Asuransi Perusahaan (Kumpulan) merupakan asuransi yang diperuntukkan bagi sekelompok orang ataupun perusahaan. Asuransi ini memiliki jangkauan perlindungan yang lebih luas dari pada asuransi individu.

Asuransi Perusahaan dapat diperuntukkan bagi seluruh anggota keluarga karyawan ataupun kelompok tersebut sehingga proses pengajuan lebih mudah. Premi asuransi perusahaan tentu berbeda dengan premi asuransi perorangan, secara perhitungan premi ada yang dipukul rata dan ada juga yang dirincikan berdasarkan umur masuk pemegang polis.

Dengan menggunakan asuransi perusahaan perlindungan yang di cover sesuai dengan kebutuhan perusahaan bukan dilihat dari individu pemegang polisnya. Sebagai contoh asuransi perusahaan A mengasuransikan karyawannya yang meliputi asuransi kesehatan, asuransi jiwa , asuransi pendidikan, dana pensiun atau juga asuransi untuk ibu hamil dan melahirkan. Pertanggungan juga sama seperti kita mengasuransikan secara perorangan namun bedanya untuk perorangan, orang yang mengasuransikan kesehatannya akan memegang polis asuransi kesehatan saja, kalau asuransi  perusahaan dapat digunakan untuk asuransi yang dicover oleh perusahaannya.

Butuh Asuransi Perusahaan/Karyawan ?
Request Proposal

Untuk masalah pertanggungan setiap jenis asuransinya sama dengan asuransi perorangan. Usia masuk peserta asuransi perusahaan memiliki keberagaman tergantung dari perusahaan asuransinya. Pada umumnya pemegang polis asuransi perusahan adalah 17-56 tahun, namun pada beberapa provider yang pemegang polisnya bisa dari umur 1-60 tahun.

Kewenangan Pemimpin Perusahaan untuk memilih asuransi apa saja yang tepat dan sesuai kebutuhan karyawanya menjadikan asuransi perusahaan tepat sasaran. Kebutuhan setiap perusahaan berbeda-beda tergantung dari kegiatan perusahaan tersebut terlebih bagi perusahaan yang memiliki aktifitas pekerjaan lebih banyak di lapangan daripada di dalam ruangan.

Perusahaan akan selalu menjadi institusi pertama yang menjadi sasaran ketika ada salah seorang karyawannya terjadi kecelakaan kerja karena kelalaian karyawan tersebut. Sebuah perusahaan tetaplah harus bertanggung jawab atas sengaja atau tidaknya kecelakaan yang terjadi di lingkungan perusahaan, baik itu yang menimpa karyawan ataupun masyarakat sekitar.

Asuransi Perusahaan Sebagai Solusi

Asuransi perusahaan memberikan solusi di mana setiap kejadian ditanggung bersama sehingga beban tidaklah bertumpu pada satu titik.

Kebijakan perusahaan memberikan asuransi kepada karyawannya terbagi menjadi 2:

  1. Asuransi dibiayai sepenuhnya oleh perusahaan
  2. Asuransi dibebankan ke pegawai dengan mengurangi gaji pegawai

Kebijakan pertama dan kedua tidaklah bermasalah karena pada dasarnya semua untuk mengcover kejadian yang tidak diinginkan yag mungkin terjadi.

Sebenarnya ada cara lain yang dapat membantu sesama karyawan jika terjadi kecelakaan kerja yaitu kita mengadakan tabungan bersama dan akan digunakan untuk menolong salah satu karyawan yang terkena musibah. Cara ini memang tepat namun kendala yang menghalangi juga besar mengingat semua pekerja memiliki tanggung jawab masing-masing, selain itu juga untuk mengumpulkan tabungan tersebut membutuhkan pihak yang berkompeten untuk mengelola dan menyimpan uang tersebut. Nah disinilah titik permasalahannya. Perorangan lebih susah memegang kewenangan karena dapat khilaf jika seorang diri. Maka dari adalah lebih baik jika hal tersebut dilakukan oleh pihak yang berkompeten, dalam hal ini pihak asuransi yang paling tepat untuk megelola keuangan tersebut.

Dengan adanya asuransi perusahaan, pendidikan anak-anak karyawan juga dapat terjamin dengan asuransi pendidikan, kesehatan keluarga karyawan terjamin dengan asuransi kesehatan, dan masih banyak lagi. Perusahaan juga dapat meberikan santunan duka cita pada keluarga karyawan/anggota  yang mengalami musibah dengan adanya asuransi perusahaan. Tidak lupa juga dana pensiun bagi karyawan dapat dikelola oleh pihak asuransi.

Dengan asuransi perusahaan, kesejahteraan karyawan terjamin sehingga karyawan bekerja menjadi lebih giat dan semangat. Banyak yang beranggapan bahwa Asuransi Perusahaan atau kumpulan merugikan perusahaan karena perusahaan harus membayar premi asuransi karyawan padahal sebaliknya asuransi perusahaan akan sangat menguntungkan bagi perusahaan, karena perusahaan dan karyawan akan dapat lebih fokus dalam melakukan bisnisnya. Keuntungan timbal balik inilah yang menjadikan produktivitas meningkat. Tidak ada buruh yang berdemo lagi jika kesejahteraan mereka sudah mencukupi. Jadi banyaknya kelebihan dari asuransi perusahaan di atas yang menjadi alasan bagi para pemimpin perusahaan untuk memilih asuransi perusahaan terbaik untuk meningkatkan produktivitas karyawan yang akan juga meningkatkan produktivitas perusahaan.

Setiap kebijakan akan menuai pro dan kontra. Setiap yang pro adalah semangat dan yang kontra adalah koreksi alami dan setiap pemimpin akan menemukan dua hal itu dlam setiap keputusannya.

Salam Asuransi.

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?