kendaraan saat mudik

KESELAMATAN BERKENDARA SAAT MUDIK

Mudik lebaran sudah tiba, saatnya pulang kampung. Saat dalam perjalanan mudik hal yang harus kita perhatikan adalah keselamatan agar tujuan pulang kita menjadi hari yang bahagia tidak menjadi duka. Syarat keselamatan berkendara wajib diikuti oleh semua orang yang berkendara dan keselamatan mudik wajib dilakukan oleh semua orang yang melalukan perjalanan baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Syarat keselamatan  berkendara ditujukan pada pengguna/sopir kendaraan baik kendaraan pribadi ( mobil, motor) dan kendaraan umum seperti bus, kapal, pesawat dan sebagainya.

  1. Stamina tubuh dan rohani yang sehat

Syarat ini menjadi syarat mutlak karena dapat menentukan sampai atau tidaknya kita di tempat tujuan. Apabila sedang sakit lebih baik tidak berkendara demi keselamatan.

Sopir saat perjalanan jauh minimal 2 orang,  satu orang sopir berkendara maksimal 8 jam dan setelah 8 jam diharuskan istirahat.

Saat berkendara jangan sekali-kali menggunakan narkoba ataupun minuman alkohol sebagai penghilang kantuk yang akan terjadi adalah kehilangan nyawa saat berkendara tidak dalam kesehatan yang prima.

  1. Jangan meletakan barang bawaan di atas mobil

Pemandangan barang di atas mobil saat mudik di Indonesia terlihat begitu banyak, tapi tahukah kita bahayanya saat barang-barang di letakkan di atas mobil?

Barang-barang ini dapat membuat sistem aerodinamis mobil menjadi tidak berfungsi akibatnya mobil menjadi tidak seimbang dan rawan kecelekaan. Selain itu barang-barang tersebut dapat berbahaya bagi penguna lain bila terjatuh.

  1. Cek kondisi kendaraan dan kelengkapan surat-surat

Sebelum berangkat mudik cek kondisi kendaraan kita secara keseluruhan, apabila kita tidak begitu paham dengan mesin kendaraan lebih baik diserahkan pada ahlinya ( bengkel). Setelah kendaraan dalam kondisi siap jalan jangan lupa cek kelengkapan surat-suratnya. Hal yang harus diperhatikan pada pengendara motor jangan meletakkan surat-surat kendaraan , handphone dan barang berharga lainnya dalam jok motor untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

  1. Patuhi rambu-rambu lalulintas

Selama dalam perjalan patuhi dan ikuti rambu lalulintas dan jangan memburu kecepatan tetapi utamakan keselamatan. Sebelum berangkat sebaiknya kita pelajari lagi rambu-rambu lalulintas supaya aman baik itu selamat sampai tujuan ataupun aman dari razia lalulintas.

  1. Jangan menggunakan angin ban nitrogen dan sediakan ban serep

Gas nitrogen sebenarnya merupakan gas yang bagus namun di Indonesia gas ini sering dicampur (oplos) sehingga akan menyebabkan ban cepat panas dan meletus.

Sediakan juga ban serep yang siap pakai sehingga dapat sampai tujuan sesuai dengan prediksi.

  1. Siapkan proteksi, baik itu berupa Asuransi Mobil , Asuransi Perjalanan dan lainnya.

 

Keselamatan mudik ditujukan pada semua orang yang melakukan perjalanan diantaranya

  1. Membawa barang sesuai keperluan dan tidak berlebih-lebihan
  2. Membawa obat-obat pribadi termasuk kantong plastik dan tissue
  3. Stamina tubuh yang prima
  4. Membawa perbekalan makan dan minum ( untuk berbuka puasa bagi yang muslim)
  5. Selama dalam perjalanan jangan sering-sering bermain hanphone ataupun tidur terus-terusan

Selamat berkendara, jadilah pelopor keselamatan dan selamat sampai tujuan. Portal Promopremi.com mengucapkan selamat idul fitri 1437 Hijriah “ Mohon maaf lahir dan batin”.

COMMENTS (1)
Reply

Great information. Lucky me I reach on your website by accident, I bookmarked it.

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?