mobil tua

Komunitas Mobil Tua

Bagi para pencinta mobil tentu dengan bergabung dalam sebuah komunitas adalah salah satu cara mengekspresikan diri terhadap kecintaannya tersebut. Dalam sebuah komunitas terdapat hubungan yang saling menguntungkan sehingga keakraban yang terjalin antar anggota sangat erat. Banyak kegiatan positif yang tercipta oleh komunitas-komunitas dimasyarakat, untuk itu pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu komunitas yang ada yaitu komunitas mobil tua.

Mobil tua memiliki 3 perbedaan ada yang disebut mobil tua, mobil kuno dan ada juga yang di sebut mobil antik. Lalu apa yang membedakan mereka? Mobil tua adalah mobil yang memiliki umur lebih dari 15 tahun dari tahun pembuatannya, sehingga secara garis besar semua jenis mobil yang memiliki umur lebih dari 15 tahun termasuk mobil tua. Mobil antik sudah pasti mobil tua, namun dia belum tentu masuk mobil kuno dan perbedaannya dari bentuknya, dan kegunaanya pada masa jaya mobil tersebut. Sedangkan mobil kuno adalah mobil yang memiliki umur lebih dari 40 tahun dari tahun pembuatannya. Adapin keberadaan mobil kuno ini bisa dikatakan langka.

Semakin bertambahnya umur kendaraan terutama mobil dengan desain khusus pada suatu masa akan menjadi primadona karena akan menjadi mobil antik yang kuno dan para pengkoleksi mobil kuno akan sangat mencari-cari mobil tersebut. Tidak heran jika mobil-mobil tersebut dibandrol dengan harga yang berkali-kali lipat dari harga baru pembelian.

Para pencinta mobil tua ini biasanya sangatlah merawat kendaraannya untuk mempertahankan fungsinya walaupun sudah tidak dijual lagi sperpart kendaraannya. Terbentuknya komunitas mobil tua ini salah satu tujuannya adalah sharing tentang perawatan mobil tua, pengalaman dan cerita-cerita di balik keuninkan yang tersimpan disebuah mobil.

Alasan Bergabung ke Komunitas Mobil

Bergabungnya seseorang dalam sebuah komunitas bisa dilandasi beberapa hal diantaranya adanya kesamaan hobi, kesukaan dan lainnya, adanya simbiosis mutualisme (saling menguntungkan), ada juga Karena rasa penasaran yang membuatnya ingin mengetahui suatu objek. Untuk bergabung dalam sebuah komunitas mobil tua itu antara mudah dan susah karena setiap komunitas memiliki persyaratan khusus untuk para anggotanya. Persyaratan-persyaratan itu tentu mengerucut pada sebuah tujuan terciptanya komunitas. Untuk komunitas mobil di Indonesia lebih banyak yang berdasarkan merk kendaraanya daripada tahun kendaraan. Hal ini bisa lebih menguntungkan bagi para pemula yang gabung karena beragamnya usia anggota komunitas mobil akan menambah wawasan yang lebih luas lagi.

Pada umumnya pembahasan yang paling sering adalah cara perawatan mobil tua ( antik dan kuno) karena perawatan mereka berbeda dengan perawatan pada mobil-mobil biasa. Sebenarnya perawatan mobil secara garis besar sama, yang membedakan adalah perlakuan terhadap suku cadang (sparepart) bagi mobil yang sudah jarang di pasaran. Oleh karena itu perawatan mobil tua lebih sering di lakukan secara mandiri untuk menghindari kerusakan fungsi yang fatal yang mengakibatkan mobil tidak berfungsi lagi.

Perawatan mobil yang sering tentu memerlukan biaya yang lebih besar sehingga untuk menyiasati itu para pencinta mobil tua biasanya lebih sering belajar kepada para anggota komunitas yang handal untuk bisa melalkukan perbaikan ringan sendiri. Semakin tua suatu barang maka akan semakin rewel, ini tidak hanya berlaku pada manusia namun berlaku juga ke benda-benda elektronik termasuk mobil (kendaraan). Perawatan yang baik akan menghasilkan mobil tua yang memiliki performa mobil muda yang laik jalan.

Selain itu kita juga harus memperhatikan surat kendaraan, SIM dan lain sebagainya saat mengemudi terutama mobil tua sehingga nyaman dan aman sampai tujuan. Berkendara dengan tertib, saling menghargai sebagai sesama pemakai jalan, dan hindari stress saat mengemudi. Jadilah pelopor keselamatan berkendara dengan tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain di jalan.

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?