asuransi-finansial-investasi

Kunci Kebutuhan Finansial

Pada dasarnya manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhannya. Motivasi manusia bekerja pada dasarnya dapat dibagi menjadi 3 macam:
1. Masa depan yang sejahtera -> biasa dilakukan dengan mengakumulasikan kekayaan, mengumpulkan harta dalam bentuk investasi, mis: properti, kendaraan, perhiasan, dan material lainnya.
2. Pendidikan terbaik bagi anak -> bagi orang tua! pendidikan merupakan investasi. Orang rela bekerja keras agar anak2 mereka terjamin pendidikannya dengan membuat perencanaan pendidikan di sekolah2 terbaik.
3. Ketersediaan dana siaga -> di dalam kehidupan sering kali muncul risiko yang tak terduga dan tanpa disadari, mis: sakit, sakit kritis, kecelakaan, cacat, bahkan meninggal dunia.

Pola Menabung

Dengan bekerja, orang menghendaki adanya kelebihan (surplus) uang dari penghasilan yang didapat. Bila ada surplus, biasanya orang cenderung menabung di bank.
Seringkali orang berpikir bahwa menabung di bank adalah sarana investasi yang paling aman dan tanpa risiko. Padahal, risiko yang banyak tidak disadari oleh para penabung adalah risiko inflasi. Nilai nominal uang sama namun karena adanya inflasi, daya beli riil uang menjadi turun.
Ada 2 tipe orang setelah mendapatkan penghasilan, yaitu:
1. Belanjakan terlebih dahulu, setelah itu jika ada sisanya baru ditabung
2. Sisihkan sebagian terlebih dahulu, sisanya baru dibelanjakan

Tipe 1 akan membuat orang cenderung konsumtif dan akumulasi tabungannya sulit terbentuk; sedangkan tipe 2 pasti akan membuat akumulasi pada tabungannya.

Solusi yang cerdas

Inflasi hanyalah salah satu risiko dari sekian banyak risiko yang ada. Menyimpan uang di bank bukanlah tempat terbaik untuk melakukan akumulasi aset, terlebih karena di bank tidak ada proteksi yang diberikan.
Untuk itulah diperlukan suatu alat/instrumen investasi yang dapat memastikan cita2 seseorang dapat tercapai, terutama apabila terjadi risiko kehidupan yang mengakibatkan kemampuan mencari penghasilan terhambat/terhenti.
Hal tersebut yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi jiwa dengan adanya berbagai macam produk untuk memenuhi salah satu atau semua kebutuhan dasar nasabahnya. Untuk mengendalikan risiko inflasi, beberapa perusahaan asuransi bekerja sama dengan perusahaan investasi yang bertindak sebagai pengelola dana nasabah (produk yang ditawarkan disebut unit link).
Jadi, apapun kebutuhan dasarnya, perusahaan asuransi bisa menjawabnya, tergantung dari prioritas nasabah.

COMMENTS (1)

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Apakah Kamu ingin dihubungi Agen Asuransi?