mengatur keuangan

Mengatur Keuangan Agar Setiap Hari seperti Tanggal Muda

Awal Bulan (Tanggal muda) merupakan tanggal yang sangat ditunggu-tunggu oleh karyawan karena pada masa itulah hak mereka akan diberikan. Terpancar semburat wajah yang cerah saat gaji ada di tangan, terbayang semua impian yang akan segera terealisasi.

Seminggu kemudian wajah yang tadinya cerah itu berangsur-angsur mulai muram, apakah gerangan yang terjadi? Sebagian menjawab masalah keuangan. Pernahkah anda merasakan hal itu? Jika ya, anda tidak sendiri , banyak sekali karyawan yang belum menerapkan sistem keuangan di kehidupannya sehingga seberapa besarpun gaji yang terima selalu kurang, karena pada dasarnya keinginan mengalahkan kebutuhan.

Bagaimana cara mengatur keuangan agar tanggal tua selalu serasa tanggal muda?

  1. Sisihkan dana untuk Investasi dan masa depan

Sisihkan dana kira-kira sebesar 5% untuk investasi dari total pendapatan. Hal ini perlu dilakuan karena tidak hanya membuat uang anda diam ditempat tetapi juga sangat bermanfaat untuk masa depan.

Misalnya anda investasikan uang anda dalam bentuk obligasi, reksadana dan saham, maupun dalam bentuk investasi fisik seperti emas.

  1. Siapkan dana darurat

Menyisihkan uang gaji untuk dana darurat sangat penting karena dana ini dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak dan takterduga. Misalnya saat anda mengalami kecelakaan uang dari dana darurat dapat anda pergunakan.

  1. Siapkan perlindunagn / proteksi untuk kehidupan anda.

Anda tidak akan pernah tahu apa yang anda alami ke depan nya. Bisa saja anda sakit, atau ada terjadi kehilangan harta benda anda. Hal ini tentu saja akan mengganggu status keuangan anda. Untuk itu diperlukan mekanisme perlindungan atau proteksi. Caranya adalah dengan mengikuti asuransi. Untuk kesehatan bias dengan mengikuti BPJS kesehatan atau asuransi kesehatan. Untuk perlindungan harta benda bias mengikuti asuransi rumah atau asuransi mobil.

  1. Buat daftar keperluan bulanan

Rencanakan anggaran bulanan Anda. Buatlah daftar pengeluaran bulanan jika anda malas membuat daftar secara rinci, setidaknya anda bisa membuat daftar pengeluaran pos-pos penting dan besar agar pengeluaran keuangan anda lebih terorganisir.

  1. Manfaatkan promosi

Banyak merchant-merchant yang memberikan promosi yang menarik. Belilah barang-barang yang promosi sesuai dengan kebutuhan anda, bukan yang anda inginkan. Dengan memebeli barang yang sedang promosi dapat menekan pengeluaran bulanan anda. Bila alokasi dana anda sudah habis jangan tergoda mengambil dana dari rekening lain.

  1. Simpan uang di beberapa bank

Buatlah beberapa rekening bank yang berbeda.Gunakan satu rekening khusus untuk tabungan. Gunakan rekening yang lain untuk kebutuhan anda sehari-hari bagilah uang anda sesuai dengan pos-posnya.

  1. Setiap menginginkan membeli sesuatu pertimbangkan terlebih dahulu

Jangan mudah terkecoh oleh harga murah yang ditawarkan, sebelum memutuskan untuk membeli sebaiknya cek barang, contoh makanan cek tanggal kadaluarsa, untuk produk pakai biasanya yang didiskon adalah barang cacat coba lihat dengan teliti tingkat kecacatannya.

Bijaklah menggunakan gaji anda. Biasakan mencatat semua pengeluaran anda dan selalu patuhi peraturan keuangan yang anda buat. Menggunakan dengan bijak uang anda, adalah salah satu cara menghargai usaha den kerja keras yang sudah anda lakukan.

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?