cincin pernikahan

Mengatur Keuangan Pasca Menikah

Menikah merupakan suatu hal yang dinanti oleh semua pasangan, namun sering kali keuangan menjadi kendala yang cukup serius bagi pasangan muda. Pasangan muda yang berani menikah dengan keuangan yang cukup minim memiliki resiko besar namun selangkah lebih maju dari yang menunda-nunda pernikahan.

Masih tergambar jelas ingatan kita saat duduk di pelaminan, menyambut para tamu dengan senyum bahagia. Seakan dunia milik berdua, tapi berbeda pada bulan berikutnya. Sebagai pasangan baru tentu kita akan risih menumpang tempat  mertua atau orang tua. Disinilah babak kehidupan baru kita mulai.

Pertama kita harus memperhitungkan kehidupan kita hari ini, besok dan lusa. Tadinya kita butuh makan untuk satu orang kini dua orang, semua kebutuhan berlipat ganda, ditambah lagi penghasilan tetap tidak ada tambahan. Coba kita pikirkan sejenak saat sendiri pengeluaran pokok kita berapa dan coba kita kali dua, itulah minimum pengeluaran kita sekarang.

Kalau istri memiliki penghasilan ini menjadi nilai plus yang patut disukuri namun kalau tidak bisa jadi dengan adanya istri di rumah akan menghemat pengeluaran kita.  Saya mencoba memberikan tips dan trik bagi pasangan baru menikah dalam mengatur keuangan :

  1. Hitung penghasilan suami dan istri

Totalkan semua pendapatan  bersama pasangan, dalam hal ini terbukalah satu sama lain  sehingga dapat menjadi pondasi awal rumah tangga yang kokoh.

  1. Hitung pengeluaran masing-masing

Sebelumnya kita seorang single yang mana keuangan kita ya untuk kita namun sekarang kita memiliki keluarga yang harus kita perjuangkan bersama. Dari masing masing kita harus menghitung kebutuhan pokok yang urgent. Misalkan kebutuhan konsumsi, biaya transportasi, tempat tinggal, dan kebutuhan MCK.

Dari kebutuhan pokok masing-masing coba kita singkronkan, dimana yang tadinya kita makan di rumah makan,  sang istri mencoba untuk memasak sendiri walaupun mungkin belum bisa sepenuhnya masak. Seorang suami juga harus belajar prihatin diawal pernikahan. Begitu juga dengan yang lain.

  1. Rancang masa depan

Bagi pasangan yang belum punya rumah tentu sangat ingin memilikinya begitu juga dengan kendaraan, fasive income, sawah ladang, apartement dan keinginan yang tidak dapat saya jabarkan satu persatu.

Cobalah targetkan berapa lama  impian  itu terwujud. Contoh saya ingin

punya rumah di daerah A pada bulan Agustus tahun 2017.

  1. Action

Tahapan selanjutnya adalah tahapan paling penting yaitu tindakan. Bagaimana  dengan gaji pas-pasan memiliki impian yang begitu besar dan kalau kita kalkulasikan gaji kita mungkin seumur hidup baru 1 impian yang tercapai.

  1. Tabung uang kita, tips dari saya pada awal bulan setelah gajian sisihkan uang 10% dari gaji kita .
  2. Cari uang tambahan, bisa dari memanfaatkan internet, keahlian, hobi yang pasti jangan sampai mengganggu pekerjaan utama kita.
  3. Berdoa dan jangan lupa berbagi dengan orang lain, karena rumus berbagi memang memiliki keajaiban yang tidak dapat saya tulis.
  4. Perbanyak relasi karena hal ini dapat membuat kita lebih cepat meraih mimpi dan yang harus diperhatikan dalam memilih relasi kita harus selektif namun tidak asal-asalan agar kerjasama yang terjalin nantinya akan panjang dan tidak merugikan satu sama lain.
  5. Perlindungan

Selain kita menyerahkan semuanya pada Tuhan Yang Maha Esa ada baiknya kita memiliki langkah langkah untuk melindungi diri, keluarga dan harta.

Kita tidak dapat memastikan kapan dan dimana kita akan mengalami musibah,.

Lalu apa yang dapat kita lakukan selain menyerahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Esa, menurut saya pribadi ada beberapa cara diantaranya:

  1. Menyiapkan dana cadangan
    Ini bisa kita asumsikan tabungan yang kita simpan di bank dengan cara deposito, atau juga dapat dengan tabungan reguler
  2. Investasi yang tepat dapat membantu memberikan perlindungan cukup baik karena ini selain menguntungkan juga memiliki resiko relative kecil, contohnya investasi emas dan property
  3. Asuransi merupakan perlindungan yang dapat di lakukan karena dengan asuransi kita dapat menjadi lebih aman. Asuransi yang termasuk penting adalah asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi rumah, dan asuransi kendaraan.

Pilihan bijak kita yang akan menentukan masa depan kita. Bergerak dari sekarang dan terus maju, suatu tempat yang indah dahulunya adalah tempat yang tak berpenghuni, begitu juga impian hanyalah sebatas angan tanpa kita mencoba menggapainya.

 

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?