makanan sehat

Menjaga Kesehatan Dengan Cara Sederhana

Sehat merupakan aset yang tidak ternilai harganya, tidak tertandingi nikmatnya dan secara tidak kita sadari akan meninggalkan kita saat kita tidak menjaganya. Kita baru menyadari arti penting kesehatan setelah kita merasakan sakit. Mengapa?
Karena kita lalai akan kesehatan kita dan lupa untuk menjaganya. Menjaga Kesehatan itu sederhana dan mudah, namun ego kita terkadang sering mengalahkan akal sehat kita. Seringkali kita telah mengetahui apa saja yang membuat kesehatan dapat terganggu tetapi kita tidak menghiraukannya dan tetap melakukannya.

Tidak ada kata ‘Terlambat’ dalam menjaga kesehatan, dimulai dari hal-hal yang paling sederhana, sebagai berikut:

1. Menjaga pola makanan

Menjaga makanan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan. Makanan yang sehat adalah makanan yang seimbang sesuai kebutuhan kita, bukan sesuai dengan selera dan keinginan kita. Makanan sehat bukan berarti makanan yang tidak enak atau tidak sesuai selera kita namun makanan sehat dapat disesuaikan dengan selera kita dengan porsi yang seimbang.

Ciri-ciri makanan sehat pada umumnya adalah masih segar. Itulah sebabnya mengapa makanan instan tidak termasuk makanan sehat. Banyak dari kita memakan makanan instan karena kita tidak memilki waktu yang cukup untuk memasak atau membuatnya. Sebenarnya kita masih bisa memilih makanan yang sehat karena saat ini banyak restaurant yang menyediakan menu sehat dan juga disesuaikan dengan selera kita. Untuk menjaga kesehatan ada baiknya kurangi atau jangan konsumsi makanan instan.

Selain makanannya sendiri, pola makan juga berpengaruh terhadap kesehatan. Banyak bukti yang menyatakan pola makan yang teratur akan memberikan dampak yang positif bagi tubuh. Pola makan yang tepat bukanlah makan dengan waktu sesering mungkin atau makan puas diwaktu tertentu dan tidak makan sama-sekali dalam jangka waktu yang di tentukan melebihi batas wajar.
Pola makan setiap orang berbeda-beda tergantung dari kondisinya. Pada umumnya makan 3 kali sehari namun pada anjuran orang-orang tertentu bisa 2 kali sehari. Selain menjaga pola makan yang perlu diperhatikan adalah banyak minum air putih, bukan yang dingin atau panas.

2. Menjaga pola tidur dan istirahat

Tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Setiap range usia memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, semakin berumur semakin sedikit kebutuhan untuk tidurnya sehingga tidak salah jika orang tua lebih sedikit tidur dibandingkan dengan anak-anak.

Tidur yang baik untuk orang dewasa yaitu selepas jam 20:30 dan bangun lebih pagi sehingga bangun dengan suasana yang segar. Bangun lebih pagi akan memberikan dampak yang positif bagi tubuh karena otak tidak langsung dipaksa untuk berpikir keras dalam menyelesaikan tugas pagi yang harus segera terselesaikan. Bangun pagi juga dapat membuka ide-ide yang cemerlang sehingga akan banyak mengahsilkan
inspirasi-inspirasi hebat. Sedangkan kebutuhan tidur anak-anak dan remaja lebih panjang dari orang dewasa karena masih dalam masa pertumbuhan.

3. Olahraga teratur

Olah raga sering kita abaikan dengan berbagai alasan, salah satunya karena waktu yang tidak tepat. Kapan sih waktu yag tepat untuk olahraga? Banyak yang berpandangan olahraga harus dilakukan di pagi hari, atau sore hari. Apakah kita tahu sebenarnya olahraga dapat kita lakukan kapanpun dan dimanapun.
Olahraga yang tepat adalah olahraga yang sesuai kebutuhan dan waktu. Sebagai contoh: olahraga pagi yang cocok adalah olahraga jogging dan olahraga pernapasan. Olahraga siang hari yang cocok adalah olahraga senam otak, senam jari atau apapun yang tidak melibatkan fisik
terlalu berat dan olahraga sore hari yaitu olahraga renang atau lainnya. Sebenarnya tidak ada kata-kata tidak ada waktu untuk olahraga karena dimanapun kita bisa olahraga.

4. Berpikir Positif

Berpikir positif adalah hal yang terpenting dalam menjaga kesehatan. Sebagian penyakit berawal dari beban pikiran yang dapat mengakibatkan stress dan menurunkan nafsu makan, kekebalan tubuh dan mengundang rasa malas. Berpikir positif memberikan dampak yang luarbiasa pada kehidupan sehingga kita akan selalu merasa bahagia dengan apapun yang terjadi. Pikiran positif akan memberikan hasil yang positif juga.

Dengan menjaga pola hidup sehat kita akan bahagia dan orang sekita kita juga akan bahagia. Kebahagian adalah hasil dari kesehatan keseluruhan. Tidak ada orang sakit yang bahagia dan tidak ada orang bahagia yang sakit.
Menjaga kesehatan adalah tugas kita, menikmati kesehatan adalah hak kita dan menjauhi segala macam penyebab sakit adalah tanggung jawab kita.

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?