kesehatan

Menjaga Kesehatan Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi kaum muslim. Banyak sekali kegiatan yang ada pada bulan ramadhan yang membedakannya dengan bulan-bulan lain terutama di negara-negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim seperti di Indonesia.

Pada saat bulan ramadhan kita perlu menjaga kesehatan agar ibadah yang telah di nanti dan datang setahun sekali ini menjadi ibadah yang khusuk.

Di tengah kesibukan yang tetap padat dan tidak berbeda dari bulan-bulan sebelumnya dan hanya satu perbedaannya yaitu kita menjalankan aktifitas dalam kondisi berpuasa. Puasa bukanlah sebuah hukuman namun puasa adalah sebuah nikmat yang banyak sekali mengandung manfaat.

Dengan puasa kita dapat menahan amarah, menahan hawa nafsu dan menahan sifat-sifat buruk yang ada pada diri kita. Untuk memaksimalkan puasa maka kita di anjurkan untuk menjaga kesehatan agar tidak alfa dari puasa.

Berikut ini tips menjaga kesehatan selama ramadhan

  1. Niatkan puasa karena Allah

Dengan niat yang benar maka kita akan merasakan nikmatnya berpuasa dan nyaman dalam menjalankannya. Puasa bukan sekedar kuajiban tetapi puasa adalah cara Allah mendidik kita agar sehat. Banyak penelitian yang menyebutkan puasa menyehatkan sehingga digunakan dalam dunia medis dimana orang yang akan melakukan operasi di anjurkan berpuasa.

Jika puasa karena Allah maka tiada cara untuk kita emosi ataupun marah dan terhindar dari beberapa penyakit contohnya darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

  1. Jaga Olah Raga

Olahraga penting sekali untuk menjaga stamina. Namun olahraga seperti apa yang cocok saat bulan puasa?

Yang pertama adalah olahraga lari pagi, tidak perlu jauh-jauh cukup mengitari lingkungan satu RT saja atau lingkungan rumah.

Yang kedua adalah senam otak. Cukup santai dan memberikan efek yang luar biasa.

  1. Awali berbuka puasa dengan yang manis

Berbuka puasa dengan yang manis merupakan sunnah, selain itu juga dapat memberikan dampak bagi kesehatan karena saat puasa lambung kita kosong dalam beberapa jam sehingga saat diisi jangan langsung dengan makanan  berat karena dapat menyebabkan kram lambung.

Selain itu juga hindari pertama kali berbuka puasa dengan minuman dingin/es, karena beberapa organ kita akan tidak siap dengan kejutan tersebut. Lebih baik buka dulu dengan air putih dan kurma lalu lanjutkan dengan makanan dan minuman yang lain.

  1. Berhentilah sebelum kenyang

Saat berbuka biasanya menjadi ajang untuk balas dendam, sehingga banyak sekali yang disiapkan untuk berbuka puasa, mulai kolak, es kolang kaling, makanan ringan, nasi sayur dan lain-lain, alhasil makan pun sampai kekenyangan.

Ada sebuah kasus pada kenalan penulis meninggal karena  kekenyangan. Menurut hasil otopsi orang tersebut meninggal karena terlalu kenyang yang menyebabkan oksigen tidak dapat beredar secara optimal.

Berhentilah sebelum kenyang ini supaya pencernaan kita tidak bekerja ekstra dan kita dapat menikmati makanan yang ada dengan santai. Selain itu juga jika kita berlebih makanan dapat kita bagi kepada  orang lain selain mendapat pahala puasa sama dengan yang berbuka puasa tanpa mengurangi pahala puasanya, kita dapat khusuk dapam menjalankan sholat sunnah tarawih.  Penyebab malas salah satunya adalah kekenyanagan.

  1. Minum air putih yang cukup di malam hari

Tubuh manusia terdiri dari cairan sehingga air memilki peranan penting dalam tubuh. Minum air pada malam hari akan membuat anda segar di siang hari. Biasakan minnum air putih saat berbuka, sebelum tidur dan bangun tidur.

  1. Terapi berpikir positif

Dengan berpuasa di harapkan kita bisa berpikir positif dengan setiap masalah yang di hadapi, dengan  puasa dapat menjadi benteng kita untuk berpikir negatif terhadap diri sendiri dan orang lain.

Selalu berpikir positif memberikan dampak yang luar biasa pada kesehatan. Tubuh lebih fress dan pikiran menjadi tenang.

  1. Jangan Berlebihan

Dalam melakukan sesuatu janganlah berlebihan, dalam hal apapun tidak diajurkan berlebihan karena sebaik apapaun suatu tindakan jika dilakukan berlebihan akan berdampak negatif.

Selamat menjalankan puasa bagi umat muslim, semoga sehat selalu dan berkah.

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?