jobs

Pengelolaan Keuangan Para Pencari Kerja

Pencari kerja atau disebut juga Jobseeker adalah keadaan yang dialami semua orang sebelum mendapatkan pekerjaan. Pencari kerja merupakan sebuah kondisi yang sangat tidak mengenakan karena sumber keuangan tidak lagi dapat seleluasa semasa menempuh pendidikan.

Para pencari kerja ini harus pandai mengatur keuangan sehingga dapat memenuhi kebutuhannya selama belum mendapatkan pekerjaan impiannya.

Kita sebagai pencari kerja tentu harus lebih bisa mengatur keuangan dari pada mereka yang telah bekerja ataupun yang sedang menempuh pendidikan hal ini dikarenakan kita berada dikondisi yang serba salah minta sama orang tua malu karena sudah lulus pendidikan dan tidak minta kita belum ada pendapatan alhasil kita meminta dalam jumlah yang tidak seperti biasanya terlebih jika kita sudah masuk bulan ke-3 mencari kerja.

Bagaimana cara kita menyiasati keuangan kita yang minim itu?

  1. Kalau kita masih tinggal bersama orang tua saat mencari kerja tentu masalah ini tidak akan sesusah yang dibayangkan, namun bagaimana jika kita mencari pekerjaan di tempat yang jauh dari orang tua?

Tentu hal pertama yang kita pikirkan adalah tempat tinggal, bagi yang memilki sanak famili di tempat kita mencari kerja kita dapat menumpang di sana sementara waktu namun jika sudah memasuki bulan ke-3 belum juga menemukan tempat kerja tentu kita akan resah untuk tinggal di tempat saudara.

Dan jika kita tidak ada sanak family ataupun tak nyaman tinggal bersama family seperti kasus diatas tentu tempat kost adalah solusi yang paling diminati.

 

Tips mencari kostan adalah sebagai berikut:

  • Carilah tempat yang mudah dijangkau dengan kendaraan minimal 3 alternatif kendaraan umum untuk memudahkan kita saat ada interview ataupun saat melamar pekerjaan
  • Pilih tempat yang lingkungannya banyak menjual makanan sederhana atau jika memungkinkan kost yang menyediakan dapur
  • Usahakan tinggal berdua dalam satu kamar bersama dengan teman pencari kerja lainnya yang senasib karena hal ini dapat meminimalisir keuangan

 

  1. Dahulukan kebutuhan primer/utama dibandingkan kebutuhan sekunder. Kita sebagai pencari kerja harus tahu urutan kebutuhan kita berdasarkan kebutuhan primer dan sekunder.

Apa saja kebutuhan itu?

Kebutuhan primer ( utama ) para pencari kerja

  • Tempat tinggal( kostan)
  • Makanan
  • Transportasi
  • Kebutuhan fotocopy dan print cv
  • Kuota internet ( gunakan sebagai mana mestinya karena ini sangat rawan disalahgunakan)

Untuk para pencari kerja tahun 2018, internet merupakan sarana yang penting karena banyak perusahaan yang lamaran bisa kirim lewat email. Pengumuman lowongan pekerjaan juga banyak dari internet serta pengumunan kelolosan juga sering di umumkan di web-web resmi.

Sebagai pencari kerja yang harus kita hindari adalah nongkrong-nongkrong santai, window shopping di mall dan lain sebagainya karena merupakan kegiatan yang tidak produktif.

 

  1. Hindari coba-coba. Mengapa? Karena banyaknya waktu luang yang kita miliki membuat kita ingin mencoba semua hal yang belum pernah terlintas dibenak kita ingin kita coba sehingga tanpa sadar hal yang coba-coba ini bisa menguras keuangan kita.

Untuk mengefisienkan waktu lebih baik mencoba untuk memasukan lamaran sebanyak mungkin yang sesuai dengan keahlian kita disertai dengan doa.

Usahakan setelah melamar sebuah pekerjaan jangan terlalu berharap hanya pada satu perusahaan karena apa yang kita harapkan berlebih akan menghasilkan kekecewaan yang mendalam. Doa adalah kunci utama dalam meraih impian dan ikhtiar adalah cara tuhan menunjukan jalan yang benar.

Dan yang tidak kalah penting adalah ambil semua peluang yang ada karena kita tidak akan pernah tahu jalanTuhan yang akan menghantarkan kita kepada kejayaan.

Jangan terlalu pemilih dalam mencari pekerjaan.

Pemuda yang sukses adalah pemuda yang banyak pengalaman sehingga pencari kerja adalah ajang pencarian pengalaman karena sukses tidaklah instan. Semangat berkarya dan terus melaju karena kesuksesan kita ada di depan sana.

Jangan pernah berputus asa, dan jangan kita sia-siakan perjuangan yang sudah kita mulai. Pemuda Indonesia pantang menyerah dan apa yang sudah kita mulai harus kita selesaikan bukan kita tinggalkan di tengah jalan.

Selamat berjuang para gererasi penerus bangsa. Karena kamulah kita akan semakin jaya.

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?