kesehatan

Perasaan yang Mempengaruhi Kesehatan

Tanpa kita sadari setiap perilaku kita akan mempengaruhi kesehatan kita dan sering kali kita mengabaikan itu atau juga tidak mengetahuinya. Banyak perilaku yang akan menurunkan kesehatan kita terutama perilaku negatif yang kita lakukan setiap hari tanpa atau dengan kita sadari.

Di sini kita akan membahas 5 perasaan yang tanpa kita sadari akan mempengaruhi kesehatan kita. Kalau perilaku tentu secara garis besar kita akan tahu dampaknya sebelum bertindak, lain hal nya dengan perasaan yang sering secara tanpa sengaja hadir dalam diri kita.

Lima perasaan yang dapat mempengaruhi kesehatan, yaitu:

  1. Penyakit Hati (Iri, Dengki, dan Benci)

Penyakit ini sebenarnya adalah sebuah perasaan yang tanpa disadari membuat pelakunya mengalami ketidakpuasan terhadap dirinya sendiri. Penyakit ini pada manusia lebih berdampak pada kesehatan psikologis dan sosial.

Perasaan iri, dengki dan benci sering mengancam manusia lain dan akan berdampak pada kejiwaan sehingga pada tahap tertentu orang yang sering merasa iri, dengki ataupun benci akan mengalami gangguan kejiwaan.

Berdasarkan penelitian perasaan ini memiliki risiko  2,5 kali lebih besar terkena penyakit serangan jantung.

  1. Rasa Cemburu

Rasa cemburu sering kita rasakan terutama pada pasangan namun bisa juga terhadap yang lain. Contohnya anak terhadap orang tua, sahabat terhadap sahabatnya, bawahan terhadap bosnya. Mengapa demikian? Rasa cemburu muncul karena adanya kebiasaan yang berbeda yang dialami oleh lawannya. Sebagai contoh seorang anak cemburu pada perlakuan orang tuanya kepada orang lain atau anaknya yang lain karena merasa ada perlakuan yang lebih istimewa daripada dirinya.

Cemburu pada tahap tertentu akan menyebabkan frustrasi dan gangguan seksual. Frustrasi karena apa yang diharapkan tidak sesuai dengan keinginannya. Dalam rentang waktu tertentu akan mempengaruhi perilaku seksualnya. Contoh pada pasangan  suami istri, istri yang cemburu pada suaminya atau sebaliknya akan ada penurunan seksualitas karena berkurangnya keintiman.

  1. Kecemasan Berlebih

Kecemasan berlebih akan menyebabkan penderitanya mengalami tekanan dalam batinnya. Biasanya orang yang mengalami kecemasan berlebih cenderung murung. Pola makan dan asupan gizi juga tidak  lagi di pertimbangkan

Kecemasan berlebih memberikan dampak yang sangat signifikan di mana penderitanya akan mengalami gejala-gejala yang menjurus pada penyakit, salah satunya adalah kanker. Hal ini di sebabkan hormon yang bekerja tidaklah stabil karena tekanan emosional yang tidak stabil, selain itu juga asupan gizi tidaklah dapat mencukupi kebutuhan tubuh. Pada umumnya penderita kecemasan berlebih cenderung lebih kurus dan terlihat lesu.

  1. Terlalu Mengasihi Diri Sendiri

Terlalu mengasihi diri sendiri dapat menyebabkan beberapa penyakit di antaranya penyakit sirosis hati, gastritis dan radang usus (ulkus).

Terlalu mengasihi diri sendiri artinya terlalu berlebihan dalam menanggapi permasalahan yang ada pada diri sendiri. Kadang saat bahagia ia terlalu bahagia sehingga makan jadi tidak sesuai porsinya atau malah melebihi porsinya.

Pada saat sedih akan berlarut-larut pada kesedihannya sehingga yang terpikirkan adalah mengapa ia sedih dan dampak apa yang akan terjadi padanya tanpa melibatkan orang di sekitar.

Kesedihan dan kebahagiaan yang datang silih berganti akan menciptakan episode-episode terindah dalam kehidupan kita. Tetapi jika kita tetap nyaman pada episode tertentu tanpa mau berpindah ke episode berikutnya, yang terjadi adalah pemaksaan ataupun kekhawatiran sehingga sistem kekebalan tubuh menurun.

Terlalu mengasihi diri sendiri sama saja memenjarakan diri sendiri ke sebuah penjara yang pintu dan kuncinya ada pada diri sendiri sehingga tidak akan ada yang mampu untuk membukanya.

Ini sangat berdampak pada beberapa penyakit di atas jika berlangsung dalam waktu yang cukup lama.  Nikmatilah hidup, kasihani diri sendiri dan orang lain agar hidup seimbang dan bahagia.

  1. Serakah

Serakah bisa juga di artikan sebagai keinginan yang selalu tidak terpuaskan. Lalu apa hubungannya dengan kesehatan? Ya, hubungan dengan kesehatan adalah keserakahan memberikan energi negatif di mana pelakunya akan selalu menghalalkan cara untuk mendapatkan apa yang di inginkannya.

Serakah dalam hal makan dapat menjadikan seseorang tidak lagi memperdulikan kebutuhan gizinya tetapi lebih mementingkan apa saja yang dapat dimakan dan apa saja yang mampu dia beli. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit sembelit dan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

 

Kelima  perasaan itu sering kali kita alami secara sadar ataupun tidak sadar. Sehingga pada saat tertentu kita akan sangat mungkin sakit.

Kesehatan merupakan hal yang murah jika kita dapat menjaganya, namun pada saat sakit kesehatan akan menjadi sangatlah mahal. Sebelum kita terkena penyakit maka lindungi diri dan keluarga kita dengan asuransi kesehatan.

Selain mengasuransikan diri dan keluarga, hal penting lainnya adalah menghindari perasaan-perasaan di atas karena tidak menutup kemungkinan perasaan-perasaan itu akan memicu pada penyakit yang lainnya.

 

Photo credit: derekryandublin via Visual hunt / CC BY-SA

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?