salary

Perencanaan Keuangan: Menjaga Keseimbangan Keuangan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga usaha yang diperlukan juga berbeda. Semakin banyak kebutuhan seseorang maka semakin besar usahanya dalam mencari uang.

Uang merupakan salah satu yang setiap manusia cari karena uang merupakan alat tukar yang sah untuk memenuhi segala kebutuhan. Memilki uang yang berlimpah merupakan cita-cita dan angan-agan setiap orang namun sadarkah kita semakin kita kejar uang maka uang akan semakin menjauhi kita.

Sebenarnya uang berapapun yang kita dapat akan dapat mencukupi kebutuhan kita jika kita bersyukur. Hal yang penting saat tanggal gajian tiba yang harus di lakukan yaitu pengaturan keuangan.

Tips Menjaga Keuangan agar tetap stabil dan memiliki tabungan

  1. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Tanpa kita sadari kita sering kali membeli sebuah produk yang bukan merupakan kebutuhan sehingga produk itu tidak dapat di gunakan semaksimal mungkin bahkan kadang kala setelah membelinya justru produk tersebut tidak di gunakan.

Seringnya kita melihat-lihat marketplace ataupun pergi ke mall-mal yang banyak menawarkan diskon akan membuat kita lapar mata.

Pertimbangkan setiap kali akan membeli sebuah produk itu merupakan kebutuhan atau keinginan. Jika kesimpulannya keinginan maka lebih baik jangan membelinya.

Rincikan kebutuhan pokok bulanan kita dan rincikan target kebutuhan tabahan yang dapat di beli secara berurutan dari bulan ini ke bulan berikutnya

Contoh:

  • Kebutuhan pokok: beras, bumbu dapur, make up, bensin, dll
  • Kebutuhan pokok tambahan: lemari, handphone baru, pasang AC, beli motor, baju baru dll

 

  1. Pisahkan rekening gajian dengan rekening tabungan

Pemisahan rekening gajian dan rekening tabungan merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengatur keuangan karena dengan demikian kita di haruskan tidak mengotak-atik uang yang ada di buku tabungan.

Pada awal gajian atau mendapatkan keuntungan maka hal yang harus dilakukan adalah menyisihkannya untuk tabungan. Rekening kita adalah hipnotis pribadi bagi kita karena saat melihat angka yang besar di rekening akan membuat kita dengan mudah membeli hal-hal yang tidak perlu.

 

  1. Sisihkan minimal 5% dari pendapatan untuk investasi

Dengan kita menyisihkan 5% dari pendapatan kita dapat membuat kita menjadi orang yang makmur 10-20 tahun mendatang kalau kita lakukan secara rutin berapapun pendapatan kita.

Saat ini investasi sangatlah mudah karena kita dapat berinvestasi dengan nominal yang paling kecil sekalipun. Sebagai contoh untuk saat ini kita bisa berinvestasi emas mulai dengan menabung dari Rp. 5.000 saja. Asuransi juga menjadi alternatif dari investasi.

Tidak ada alasan pendapatan minim yang kita miliki mengahalangi kita untuk terus berinvestasi. Orang yang memilki jiwa orang sukses itu memilki sifat ulet dan tekun dala berinvestasi.

 

  1. Sisihkan 2,5% dari pendapatan untuk memberi orang lain

Mengapa memberikan hasil kita kepada orang lain masuk pada kategori menjaga keseimbangan keuangan kita?

Sebagai manusia berketuhanan tentu kita memahami tentang berkah. Dengan memberi kepada orang lain maka akan mebuat tuhan sayang kepada kita dan menambahkan rejekinya kepada kita.

Secara akal pada saat kita memberikan kepada orang lain maka orang yang kita beri akan bahagia. Kebahagiaan yang mereka rasakan akan terpantul kepada kita sehingga kita menjadi orang yang selalu happy. Bekerja dengan perasaan senang akan menghasilkan karya yang baik sehingga hasilnya pun akan sangat memuaskan dan pada akhirnya pendapatan kita dapat naik dengan sendirinya.

Tidak pernah ada yang salah dalam memberi dan berikan apa yang ingin kau berikan dari hasil terbaikmu dengan tulus maka kau akan dapatkan ketulusan juga.

  1. Buat buku laporan pribadi tentang keuangan

Membuat laporan pribadi tentang keuangan mungkin sebagian kecil dari kita sudah menerapkannya namun sebagian besar dari kita merasa tidak perlu padahal laporan keuangan pribadi kita itu dapat mengendalikan diri kita dari sifat boros.

Membuat laporan keuangan pribadi dapat melatih kita untuk bertangung jawab dalam setiap pengeluaran yang telah kita keluarkan. Pertanggung jawaban terhadap diri sendiri akan memberikan rangsangan pada otak untuk meminimalisir keinginan yang tidak di butuhkan.

Dengan menerapkan tips diatas bisa menjaga keseimbangan keuangan kita sehingga tidak ada muka senang awal gajian, muka masam pertengahan bulan dan muka murah di akhir bulan.

Jadilah pemuda/pemudi sehat dengan dompet yang sehat.

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?