pola hidup sehat

Pola Hidup Sehat Orang Sibuk

Bagi kamu yang merasa sibuk dan merasa waktu yang ada masih kurang , yuk coba kita intropeksi diri seberapa hebatkah kita mampu memaksakan tubuh bekerja dan otak berpikir?

Aktifitas dan rutinitas yang kita jalani setiap hari kadangkala membuat kita merasa jenuh dititik tertentu. Ya, dimana tubuh kita mulai protes dengan segala rutinitas yang ada. Kesibukan yang ada membuat kita lupa akan hak tubuh kita terlebih saat dateline sudah dekat.

Pola hidup sehat sangat penting terutama bagi orang-orang sibuk, namun kita seringkali mengabaikan pola hidup sehat ini dengan alasan kesibukan yang ada. Dari mulai bangun tidur sampai waktu tidur kembali menyapa otak kita terus berpikir untuk menuntaskan segala pekerjaan demi setumpuk mata uang atau sebuah profesionalitas.

Sadarkah kita akan sebuah masa dimana kita sudah tidak memiliki sisa tenaga lagi untuk berkarya? Pada masa itulah kita akan sadar akan pentingnya pola hidup sehat . Kesadaran yang terlambat inilah yang sering terjadi pada orang-orang sibuk, ya orang-orang seperti kita yang dituntut untuk terus bergerak dan berkarya selagi bisa.

Ingin mendapatkan Proposal Asuransi Kesehatan?
Request Proposal

Kehidupan adalah pergerakan maka tiada suatu apapun yang dapat dikatakan hidup selama ia tidak bergerak. Tidak ada salahnya kita berkarya karena dari karya itu menandakan kualitas dan potensi diri dan itu juga yang menandakan kita masih hidup.

Mari kita berkarya dengan tetap menjaga pola hidup sehat agar kita dapat berkarya dengan maksimal secara terus-menerus sampai ajal menjemput. Pola hidup sehat bagi orang sibuk tentu berbeda dengan pola hidup sehat bagi orang santai, namun 90% manusia hidup dengan kesibukan.

Pola hidup sehat bagi orang sibuk

  1. Menjaga Pola Makan

Makanan merupakan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energy sehingga tercipta karya-karya yang hebat. Menjaga pola makan terutama bagi orang sibuk memiliki tingkat kesulitan yang lebih karena tidak tersisa waktu yang cukup untuk menyiapkan semuanya sehingga junkfood merupakan pilihan yang lebih sering dipilih walaupun kita sadar akan bahayanya terus memakan makanan itu. Apalagi bagi karyawan yang memilki gaji minim membuat mereka memamfaatkan mie instan sebagai menu utama .

Pola makan yang baik yaitu terpenuhinya kebutuhan tubuh, dan yang tidak kalah penting dari makanan itu sendiri adalah minum air putih yang sering kali orang abaikan keberadaanya.

  1. Olah raga

Olahraga yang cukup untuk menjaga stamina tubuh. Banyak jenis olah raga yang dapat kita pilih untuk menjaga stamina dari mulai yang paling ringan sampai yang membutuhkan kemampuan khusus. Jika kita sangat sibuk bisa dengan pemanasan sederhana dan senam paru-paru.

  1. Pola tidur

Banyak yang mencari-cari berapa lama orang sukses tidur dalam kesehariannya, karena mereka yang mencari-cari itu ingin megikutinya atau membandingkan dengan dirinya. Tidur adalah masa dimana seluruh aktifitas kita tinggalkan untuk mengistirahatkan seluruh bagian tubuh namun sadarkah ada beberapa bagian tubuh yang tetap bekerja walau kita sedang terlelap tidur?

Kualitas tidur yang baik bukanlah diukur dari lamanya waktu untuk tidur namun dari kualitas tidur itu sendiri. Ada yang dapat tidur dengan waktu yang singkat dan menghasilkan tubuh yang bugar saat bagun namun ada juga yang tidur dengan waktu yang lama namun bangun dengan rasa badan yang lelah.

Apakah yang mempengaruhi kualitas tidur ini? Yang mempengaruhi adalah kinerja otak, coba sebelum tidur kita intropeksi diri apa yang telah kita lakukan dalam keseharian ini dan kesalah-kesalahan yang kita perbuat serta memaafkan diri sendiri dan orang lain sebelum tidur. Usahakan pikiran damai sebelum tidur sehingga saat bagun tubuh akan menjadi fit kembali. Jangan pikirkan apa yang akan terjadi besok tapi persiapkan dengan tubuh yag fit untuk menghadapi hari esok.

  1. Kebersihan

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tidak kalah penting untuk menunjang pola hidup sehat karena mustahil kita dapat hidup sehat ditempat yang kotor. Kebersihan mulai dari diri sendiri dan akan berpengaruh keorang-orang terdekat dan selanjutnya kelingkungan.

Selalu kita tanamkan dalam otak kita bahwa bumi ini adalah pinjaman dari anak cucu kita jadi kita harus menjaga pinjaman itu dengan sebaik-baiknya.

Menjaga kebersihan dari tempat yang paling sering kita gunakan dan yang paling dekat dengan kita, jikalaupun waktu juga membatasi kita untuk membersihkan semuanya setidaknya kita tidak menjadi penyebab tempat itu kotor dan membuang sampah sembarangan.

  1. Spiritual

Kehidupan spiritual merupakan hal penting yang harus kita seimbangkan dengan kehidupan duniawi, karena hidup tanpa spiritual akan menyebabkan kita gila akan dunia tanpa memikirkan lingkungan kita. Spiritual menjadi beteng yang kokoh untuk kesehatan rohani kita serta menjadi benteng nafsu yang akan merusak dan merugikan tubuh kita.

Banyaknya aturan ‚Äďaturan yang ada pada setiap agama menjadi landasan kita untuk bertindak sehari-harinya karena Tuhan menjadikan agama sebagai¬† saranaNya menyampaikan mana yang baik dan yang buruk untuk kita.

  1. Toleransi

Sebagai manusia yang memiliki hati dan pikiran yang diciptakan lebih sempurna dari mahluk yang lain tentu kita juga memiliki tugas yang lebih berat dari yang lain. Kita diciptakan berbangsa-bangsa, beras-ras agar kita saling mengenal dan saling menghargai serta toleransi.

Tolerasi akan membuat kita selalu berpikir positif pada orang lain sehingga menjadikan kita orang-orang yang selalu berpikir positif dan akan menghasilkan karya yang positif pula.

Hidup adalah pilihan yang tidak dapat ditentukan oleh orang lain. Pilihan kita sekarang yang akan menentukan kehidupan kita dimasa yang akan mendatang. Terus berkarya dan bergerak dengan tetap berpikir poositif agar karya yang kita hasilkan adalah karya-karya positif yang berkualitas.

Tentukan piliahmu sekarang sebelum keadaan yang memilihmu, jadikan pola hidup sehat sebagai kebutuhan bukan hanya sedekar pengetahuan. Mulai dari diri sendiri karena sebuah bangunan yang kokoh dimulai dari peletakan batu pertama.

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?