asuransi rumah

Tips Menata Rumah Agar Terlihat Luas dan Nyaman

Memiliki rumah yang nyaman merupakan impian setiap keluarga. Rumahku adalah surgaku, mendengar kata-kata itu membuat kita membayangkan rumah yang kita miliki sekarang, ya bagaimanapun keadaannya. Sering kali kita merasa tidak nyaman dengan kondisi rumah kita padahal senyaman-nyamannya tinggal tempat orang lain tentu lebih nyaman tinggal di rumah sendiri.

Yap, pasti ada sesuatu yang harus kita lakukan untuk rumah kita supaya kita juga merasa nyaman di dalamnya. Rumah sempit bukan masalah utama untuk kita tidak merasa nyaman, masih banyak hal yang perlu kita benahi daripada hanya mempermasalahkan luasnya rumah.

Agar rumah kita terlihat luas dan nyaman sudahkah kita memperhatikan hal  ini?

  1. Hindari pengecatan tembok warna putih

Mengapa warna putih bisa menyebabkan ruangan kita terasa lebih sempit? Karena pada saat penerangan cahaya di ruangan itu kurang akan muncul banyangan  yang jelas yang memberikan kesan tempat itu sempit. Banyak desainer interior mengatakan penggunaaan cat putih pada tempat yang tidak tepat akan memberikan kesan ruangan terasa sempit.

Jadi saran saya gunakan cat warna selain putih pada ruangan sempit dan beri penerangan yang cukup.

  1. Perhatikan cat pada langit-langit rumah kita

Pemilihan cat pada langit-langit janganlah kontras dengan tembok rumah kita, jika ingin terlihat luas coba kita cat dengan warna senada atau lebih terang satu tinggkat dari warna tembok sehingga terkesan lebih luass.

  1. Penataan Perabot

Penataan perabot sangat perlu kita pertimbangkan terutama di ruang tamu. Untuk ruangan yang tidak luas, kita memerlukan perabot yang simple dan nyaman. Lebih baik kita letakkan 1 perabot yang besar daripada kita menggunakan perabot yang kecil-kecil dan banyak. Semakin sedikit barang yang ada pada ruangan itu akan memberikan kesan luas.

  1. Alihkan pusat perhatian

Dengan memberikan lukisan besar dan indah itu akan menjadi daya tarik yang bagus untuk tamu kita, karena tamu kita tidak akan terus mengitari ruangan tetapi tertuju pada lukisan itu, namun bagi sebagian orang yang tidak menyukai meletakkan lukisan pada ruangan bisa di ganti dengan semacam pernak-pernik dari plastik sejenis tumbuhan sehingga terkesan menyegarkan.

  1. Penggunaan perabot yang dapat memantulkan cahaya

Pembiasan cahaya membantu kita memberikan kesan luas pada ruangan. Contoh peletakan vas bunga yang terbuat dari stainless atau semacamnya yang dapat memantulkan cahaya. Namun peletakan perabotan yang dapat memantulkan cahaya ini jangan terkena sinar matahari langsung kaera hal ini akan menyebabkan silau dan menjadikan ruangan terasa tidak nyaman.

  1. Pemasangan kaca pada kamar tidur

Coba perhatikan kamar tidur kita, jika ruangan kecil cobalah meletakkan kaca yang berukuran besar sehingga dapat membuat ruangan terasa luas dan beristirahat pun terasa lega.

Setelah rumah kita terasa luas tapi masih saja belum terasa nyaman, apa yang salah?

  1. Coba kita lihat aktifitas anggota keluarga kita

Adakah satu momen dalam keseharian yang bisa dilewati bersama seluruh anggota keluarga?

Dengan aktifitas yang begitu padat membuat kita lupa meluangkan sedikit waktu untuk saling tegur sapa atau sekedar minum teh bersama anggota keluarga. Cobalah luangkan waktu 30 menit setiap hari untuk kita berkumpul dengan keluarga. Hal Ini akan menjadikan keluarga kita harmonis

  1. Beribadah bersama

Dengan beribadah bersama dapat mempererat ikatan yang ada diantara anggota keluarga. Belajar yang tidak mengenal umur adalah agama sehingga ilmu yang dapat di pelajari bersama seluruh anggota keluarga adalah belajar agama.

  1. Kejutan / Surprise

Memberikan kejutan kecil pada salah satu anggota keluarga pada moment kecil seperti ulang tahun, naik jabatan, atau apapun yang pasti akan membuat kita merasa saling memiliki di dalam keluarga.

  1. Curahan Hati / Curhat

Mendengar kata curhat tentu yang terbayang pada benak kita adalah kaum hawa. Curhat pada umumnya adalah curahan hati yang di luapkan dari seseorang ke orang lain tanpa memandang jenis kelamin. Curhat yang paling baik adalah curhat dengan anggota keluarga. Orang tua terutama merupakan tiang utama dalam rumah tangga, untuk itu kita harus memposisikan orang tua sebagai orang tua pada kondisinya dan pada saat yang lain jadilah sahabat bagi anak kita, sehingga kita dapat menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi.

Degan  tips ini semoga kita bisa mendapatkan keluarga yang kita impikan, dan bisa merasakan rumahku adalah surgaku. Semangat memperbaiki kawan.

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Ingin Kerjasama dengan Promopremi?