mendidik anak

Tips Mendidik Anak “Nakal”

Pendidikan anak adalah tugas dari setiap orang tua. Namun, saat di sekolah ini adalah diluar kendali orang tua sehingga memberikan wewenang penuh pada guru. Nah, saat mendidik anak disekolah guru sebenarnya memiliki cara yang berbeda. Hal ini karena setiap anak memiliki karakter yang berbeda. Ada anak yang penurut, anak yang pintar, anak yang sabar, anak yang santai hingga anak yang “nakal”. Untuk anak yang “nakal” sebenarnya memiiki artian yang banyak. Ada yang menyebutkan nakal adalah ketika mereka membolos sekolah, ketika mereka tidak membuat tugas, ketika mereka terlambat datang dan lain sebagainya.

Dengan pola perilaku seperti ini tentu saja akan merisaukan banyak pendidik yang bingung bagaimana harus menghadapi anak – anak yang memiliki karakter seperti ini. sehingga untuk memudahkan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda atasi menghadapi dan mendidik anak nakal diantaranya adalah :

Berdoa

Sebagai seorang yang mendidik anak kita memang hanya bisa berusaha, tapi usaha tak akan ada artinya jika tanpa melakukan doa. Maka Anda bisa mengucapkan namanya dan berharap pada yang kuasa untuk diberikan petunjuk bagaimana menghadapi anak – anak yang nakal sehingga Anda mendapatkan kesabaran yang lebih. Yakinlah dengan berdoa pada akhirnya suatu saat mereka akan berubah.

Cari Informasi

Jika penasaran mengapa anak berbuat hal – hal negative yang membuatnya nakal. Maka anda bisa mencari beberapa informasi mengenai diri anak tersebut. Tujuan melakukan hal ini adalah supaya Anda lebih mengerti mengenai diri anak tersebut sehingga bisa mengetahui cara yang tepat dalam mengahadapi kenakalannya

Jangan Berikan Anak Label Nakal

Seperti dalam sebuah hadist menyebutkan jika ucapan adalah sebuah doa. Nah, jika Anda mengucapkan secara terus menerus ungkapan nakal pada beberapa anak, maka secara tidak langsung Anda mendoakan Anak menjadi anak nakal. Maka saat berucap usahakan untuk mengatakan hal yang positif entah bagaimanapun tingkah laku mereka.

Bicarakan

Ajaklah anak berbicara mengenai beberapa hal secara pribadi tanpa menyinggung perasaan. Coba dengan lembut apa yang sebenarnya dia harapkan, apa yang sebenarnya yang menjadi permasalahan dan apa yang membuatnya berperilaku seperti itu. Karena jika Anda lebih mengerti dan lebih tahu apa yang dialaminya maka Anda baru bisa memberikan motivasi dan memberikan solusi pada anak tersebut. yang terpenting adalah Anda bisa memberikan mereka arahan yang terbaik.

Berikan Kepercayaan

Anak nakal biasanya sangat sulit diberikan kepercayaan untuk melakukan suatu hal atau bertindak apapun. Tapi, jika ingin merubah dan mendidik anak nakal maka hal yang wajib Anda lakukan adalah memberikan dia tanggung jawab. Tujuannya agar dia merasa menjadi seorang yang dibutuhkan dan membuatnya menjadi seseorang yang bertanggung jawab.

Tegur Sesekali

Jika anak melakukan perbuatan yang dikategorikan nakal. Maka Anda bisa menegur dengan pelan dan jangan membentak atau memarahi atau menceramahinya. Karena beberapa anak akan sulit menerima jika ditegur dengan keras. Karena anak nakal biasanya membutuhkan sebuah perhatian sehingga menjadi sangat mudah saat mereka diajak berdiskusi dan berilah motivasi jika memungkinkan.

Jangan beri hukuman fisik

Dalam pendidikan anak, solusi yang terbaik bukan dengan menghukum mereka dengan melakukan hukuman fisik. Karena jika Anda memberikan hukuman ini anak justru menjadi pendendam dan membangkang. Tapi berikan mereka sebuah perkataan yang sangat mengena dan menyentuh tapi bukan kata – kata yang kasar. Pilihlah kata – kata yang tepat tanpa menginggung perasaan mereka saat mendidik anak nakal

COMMENTS (1)

Leave a Comment

Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Name (required)
Email (required)

*

Apakah Kamu ingin dihubungi Agen Asuransi?